MIS Unggulan Masjid Besar Jabalul Khoir

Jalan Dr.Sutomo No.1 Simpang Lima Purwodadi

Madrasah Hebat , Bermartabat !

MENANAMKAN JIWA NASIONALISME DAN PATRIOTISME MELALUI KEGIATAN UPACARA BENDERA

Minggu, 26 April 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 6475 Kali

  Setiap hari Senin, hari Besar nasional maupun setiap tanggal 17, semua lembaga pendidikan melakukan kegiatan upacara bendera sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung. Kegiatan itu sudah berlangsung sudah lama, dan wajib dilaksanakan baik di sekolah negeri maupun swasta, seperti yang telah diatur dalam Permendikbud RI No 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (BPB). MIS Unggulan Jabalul Khoir Purwodadi setiap hari tersebut juga selalu melaksanakan kegiatan upacara bendera di halaman madrasah. Kegiatan yang dilaksanakan tepat jam 07.00 tersebut diikuti oleh Bapak Ibu guru dan Staf karyawan beserta semua anak-anak. Kegiatan upacara bendera banyak sekali manfaatnya. Kalian sudah tau belum, kenapa kita selalu melakukan upacara bendera ?

   ”Upacara bendera menanamkan rasa kedisplinan, budi pekerti, jiwa nasionalisme dan sikap patriotisme untuk anak-anak. Itu tercermin dalam urutan yang ada dalam tata upacara bendera” jelas Pak Arief Budi Cahyono, S.Pd.,Gr selaku Pembina kegiatan upacara bendera. Daripada kalian menebak nebak apa aja, yuukkk kita simak bareng-bareng.

  • Pengibaran Bendera Merah Putih

Pengibaran bendera Merah Putih merupakan kegiatan inti dalam pelaksanaan upacara bendera. Kegiatan tersebut ditujukan untuk menumbuhkan karakter gotong royong dan kebersamaan, terlihat dari bagaimana posisi badan, ayunan tangan, serta hentakan kaki para petugas pengibar bendera harus bergerak dalam harmoni. Nah, kalau kalian tiba-tiba lihat ada salah satu petugas pengibar yang gerakannya kurang kompak, jangan ditertawakan ya nak anak. Karena mengompakkan gerakan itu susah lho, butuh latihan yang giat, rasa kebersamaan dan kekompakan yang tinggi. Selain itu, petugas pengibar bendera juga membutuhkan kesiapan fisik dan mental untuk menjalankan tugasnya. Kalau tidak punya mental yang kuat, atau sering grogi atau ndak pede an, pasti nanti gerakan yang dihasilkan jadi tidak harmonis.

  • Mengheningkan Cipta

Hayo, siapa di antara kalian yang kalau lagi mengheningkan cipta malah  nunduk sambil lirik-lirikan dan cekikikan sama teman sebelah ? Tidak boleh begitu lagi ya nak anak. Mengheningkan cipta itu ditujukan agar siswa mampu meneladani jiwa patriotisme para pejuang, yang nantinya akan berdampak pada tumbuhnya kecintaan terhadap bangsa dan negara. Sekaligus kita mendoakan arwah para pejuang yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Jadi harus khusuk ya nak anak.

  • Pembacaan Teks Pancasila dan Undang- undang Dasar 1945

Pembacaan teks Pancasila ditujukan agar siswa kembali mengingat dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Karena Pancasila merupakan dasar Negara kita dan Undang undang Dasar 1945 sebagai landasan konstitusional.

  • Amanat Pembina Upacara

Kalau udah denger kalimat “amanat Pembina upacara”, apa yang kalian fikirkan nak anak ? Langsung fokus mendengarkan, merasa jenuh , atau malah senang karena upacara akan segera selesai ? hihii .. Amanat Pembina upacara adalah moment dimana Pembina upacara memberikan informasi, pesan dan nasehat kepada peserta upacara. Jadi kita harus tetap memperhatiakan ya … Kita harus belajar menghargai dan menghormati Pembina yang sedang berbicara.

MIS Unggulan Jabalul Khoir punya sistem yang berbeda dengan sekolah lain ketika melakukan kegiatan upacara loh, apa itu ? yuuuk kita simak bareng-bareng.

  • Pembina upacara setiap upacara bendera pasti berbeda. Bapak kepala madrasah khusus di Hari Besar Nasional dan setiap tanggal 17, sedangkan setiap hari senin oleh bapak ibu guru secara bergantian. Pada peringatan hari Kartini yang lalu, MIS Unggulan Jabalul Khoir juga kedatangan tamu istimewa, yaitu ibu polwan dari Polres Grobogan, dan beliau menjadi pembina upacara. Jadi pasti anak-anak mendapatkan ilmu baru setiap kegiatan upacara bendera.

  • Petugas upacara bergantian antar kelas. Ketika Hari Besar Nasional dan setiap tanggal 17, Pasukan khusus pengibar bendera yang bertugas menjadi petugas upacara bendera, pasukan khusus ini merupakan siswa siswi pilihan loh … Sedangkan setiap hari senin, petugas upacara dilaksanakan oleh kelas 4 secara bergantian. Kenapa seperti itu ? “Petugas upacara dibuat secara bergantiuan dengan tujuan anak-anak punya kesempatan yang sama untuk menjadi petugas bendera, melatih anak-anak untuk menjadi pemimpin dan belajar melaksanakan tugas dan kewajibannya masing-masing” kata Pak Arief Budi Cahyono, S.Pd.,Gr selaku pelatih petugas upacara.
  • Upacara bendera dilaksanakan secara tepat waktu pukul 07.00. Peserta didik harus disiplin dengan datang tepat waktu, memakai seragam lengkap beserta dasi dan topi. Apabila tidak disiplin, maka akan disuruh buat barisan sendiri. Setelah upacara selesai pasti diberi pembinaan tersendiri oleh Pak Arief.

   Begitulah pelaksanaan upacara bendera di MIS Unggulan Jabalul Khoir Purwodadi. Tetap semangat dan disiplin ketika mengikuti kegiatan upacara bendera ya anak anak, karena semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme ditumbuhkan salah satunya melalui kegiatan ini, dan kalianlah generasi penerus yang akan melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk Indonesia maju, adil dan sejahtera.

  “Beri aku seribu orang tua, akan aku cabut Gunung Semeru dari akarnya, beri aku sepuluh pemuda, akan aku guncangkan dunia”  Ir. Soekarno

 

 

 

 

  1. TULISAN TERKAIT
...

Budi Utomo, S.Pd.I, M.Pd.I

Assalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarakatuh.  Alhamdulillahirabbil'alamiin , puji dan syukur kami panjatkan kahadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas limpahan rahmat, hidayah, dan kenikmatan…

Selengkapnya

TAUTAN

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana Penilaian Anda Terhadap MI Unggulan Masjid Besar Jabalul Khoir Purwodadi ?

LIHAT HASIL