MIS Unggulan Masjid Besar Jabalul Khoir

Jalan Dr.Sutomo No.1 Simpang Lima Purwodadi

Madrasah Hebat , Bermartabat !

Workshop Penilaian Angka Kredit Guru Tahunan oleh Team Penilai PAK Kabupaten Grobogan

Sabtu, 28 November 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 273 Kali

Assalamu'alaikum sobat madrasah.

     Puji syukur atas kehadiran Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas limpahan rahmat dan nikmat yang selalu diberikan kepada kita semua, semoga senantiasa selalu diberi kesehatan dan kekuatan. 

   Jabatan fungsional guru merupakan pengembangan karir yang bisa diupayakan oleh seorang guru. Semakin tinggi jabatan fungsionalnya, semakin tinggi pendapat dari seorang guru. Ada empat jenjang untuk jabatan fungsional guru ; (1) Guru Pertama, (2) Guru Muda, (3) Guru Madya, (4) Guru Utama. 

    Berikut penjelasan jenjang pangkat pada masing-masing jabatan guru fungsional :

1. Jenjang Jabatan Guru Pertama

  • Pangkat Penata Muda termasuk dalam golongan ruang III/a
  • Pangkat Penata Muda Tingkat I termasuk dalam golongan ruang III/b.

2. Jenjang Jabatan Guru Muda

  • Pangkat Penata termasuk dalam golongan ruang III/c
  • Pangkat Penata Tingkat termasuk dalam golongan ruang III/d.

3. Jenjang Jabatan Guru Madya

  • Pangkat Pembina termasuk dalam golongan ruang IV/a,
  • Pangkat Pembina Tingkat I termasuk dalam golongan ruang IV/b,
  • Pangkat Pembina Utama Muda termasuk dalam golongan ruang IV/c.

4. Jenjang Jabatan Guru Utama

  • Pangkat Pembina Utama Madya termasuk dalam golongan ruang IV/d
  • Pangkat Pembina Utama termasuk dalam golongan ruang IV/e.

     Angka Kredit Guru adalah poin untuk menilai kinerja guru sesuai butir rincian kegiatan. Angka Kredit jadi salah satu syarat yang harus dipenuhi para guru untuk pengangkatan maupun menaikan pangkat dalam jabatan guru. Angka Kredit bisa diperoleh setelah guru mendapat penilaian prestasi kerja. Penilaian prestasi kerja ini dilakukan oleh pejabat penilai terhadap Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Perilaku Kerja 1 kali setiap tahunnya. Bobot penilaian prestasi kerja PNS guru adalah 60% untuk SKP dan 40% untuk Perilaku Kerja. Pada Permenpan & RB No. 16 th. 2009, yang berisi mengenai Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, untuk bisa mendapat kenaikan pangkat, guru harus bisa memenuhi Angka Kredit Kumulatif minimal dan Angka Kredit per jenjangnya.

 

     Workshop diadakan di kampus MIS Unggulan Masjid Besar Jabalul Khoir Purwodadi tanggal 28 November 2020, dan di sponsori langsung oleh penerbit buku Erlangga dengan menjamin biaya workshop tanpa pungutan biaya dari peserta. Dalam acara ini dihadiri oleh Bapak-Ibu Kepala Madrasah dan Guru PNS KKMI 01 di lingkungan Kemenag Kabupaten Grobogan. Dipandu oleh narasumber Bapak H. Suyanto, M.Pd. I selaku ketua tim Penilai Angka Kredit Kabupaten Grobogan. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan memprioritaskan protokol kesehatan covid-19 dari pemerintah seperti; cek suhu badan, memakai masker, sterilisasi dengan disenfektan dan handsainitizer.

 

     Sebanyak 25 guru mengikuti acara PAK ini dengan antusias, seperti yang dikatakan oleh Bapak Budi Utomo, M.Pd.I kepala madrasah MIS Unggulan Masjid Besar Jabalul Khoir, "Kegiatan ini selain untuk memberikan edukasi kepada para kepala madrasah dan guru, juga untuk menjalin silaturahmi walaupun dalam keadaan masih status pandemi. Semangat Bapak-Ibu guru terlihat saat mendengar kabar baik bahwa, tahun depan sudah akan dimulai pembelajaran luring, walaupun harus memenuhi regulasi yang ditetapkan pemerintah." 

Kegiatan Sekilas Info

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Budi Utomo, S.Pd.I, M.Pd.I

Assalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarakatuh.  Alhamdulillahirabbil'alamiin , puji dan syukur kami panjatkan kahadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas limpahan rahmat, hidayah, dan kenikmatan…

Selengkapnya

TAUTAN

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana Penilaian Anda Terhadap MI Unggulan Masjid Besar Jabalul Khoir Purwodadi ?

LIHAT HASIL